Jumat, 03 Juni 2016

Curug Cipendok Cilongok Kab Banyumas (7 Mei 2016)

Penasaran sama Curug Cipendok yang mempunyai ketinggian 92 meter, sehingga ketika mudik saya sempatkan kesini. Dan dengan sebuah kesengajaan, saya ajak teman2 untuk ikut mudik ramai2, walau bagi mereka ini bukan mudik melainkan jalan2. Dan selagi banyak teman maka Curug Cipendok jadi pilihan kami, mengingat sejak dibuka pada tahun 1987an saya yang orang asli Banyumas belum sekalipun ke objek wisata ini.

Curug Cipendok terletak di desa Karang Tengah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, masih berada di lereng gunung Slamet, gunung api terbesar di Jawa Tengah.  Untuk menuju kesini sangat mudah, karena jalan menuju curug ada di jalan utama Purwokerto - Ajibarang. Kalau dari Banyumas, terlebih dahulu arahkan kendaraan menuju Purwokerto, kemudian menuju luar kota, kita bisa ikuti papan petunjuk jalan menuju arah Ajibarang/Bumiayu. Kalau sudah di Cilongok bersiap-siaplah mencari papan petunjuk jalan arah Karang Tengah / Curug Cipendok, arahkan ke kanan. Ikuti jalannya saja, nanti disepanjang jalan ada petunjuknya kok. ari jalan besar tadi ke lokasi kurang lebih 8 km, jadi diperkirakan kalau dari Banyumas berjarak 30 km'an. Biasanya tidak sampai 2 jam, karena sampai lokasi air terjun jalanan sudah di aspal dan tempat parkir juga luas.  

Memasuki kawasam air terjun ini cukup dingin udaranya, karena sudah berada di ketinggian. Jika sudah sampai loket masuk maka kita diminta ambil tiket, per orang Rp. 7.000,-. Dari pintu masuk ini menuju lokasi parkir masih lumayan jauh. Namun pemandangan pepohonan rindang di tepi kiri kanan jalan tidak membuat kita bosan. Baru sesudah sampai parkiran, kita mulai trecking menaiki anak tangga yang berupa batu2 disusun di jalanan, entah berapa banyaknya, tapi kata orang di sekitar parkiran bisa dicapai dalam waktu 45 menit jalan santai.

 

Di jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan makanan khas Banyumas seperti mendoan, bakwan, mie dan berbagai minuman hangat dan dingin. 

Tempat wisata ini masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, sehingga sambil menaiki anak tangga tersebut kita bisa menikmati koleksi pohon2 disekitar hutan yang telah beri nama-nama pohonnya sekalian terutama jenis pohon2 yang langka. Tujuannya tidak lain diperuntukkan bagi para pelajar, di samping menikmati alam, mereka juga dapat mengenal tumbuh-tumbuhan langka yang hidup di tempat itu.

 
 

Oh ya,,untuk menuju ke lokasi ini belum ada angkutan umum, jika kita tidak menggunakan sepeda motor atau kendaraan pribadi maka kita bisa naik angkutan umum jurusan Purwokerto - Ajibarang dan berhenti di Karang Tengah, untuk ke dalamnya bisa naik ojek atau menyewa angkot tersebut. Ongkos ojek dan sewa angkot sayangnya tidak kami dapatkan informasinya, karena kebetulan kami kemarin rental mobil.

 
Jika kesininya pagi hari tidak usah buru2, apalagi kalau cuaca cerah maka kita bisa jalan santai menuju lokasi air terjun dengan tenang, karena tidak mengkhawatirkan hujan. Tapi kalau suasana musim hujan harap berhati-hati karena kadang tiba2 datang banjir bandang yang sangat membahayakan. 

Inilah tampilan air terjunnya, bayangkan jika air terjatuh dari ketinggian 92 meter, tentu dari kejauhan sudah terdengar suara yang bergemuruh. Sayangnya waktu kami datang, cuaca dalam keadaan mendung dan sudah mulai gerimis, sehingga kami tidak berani turun sampai kebawah.  Seharusnya jika cuaca cerah, kami bisa ber-main2 di kolam yang ada di bawah air terjun dan berenang menikmati dingin dan jernihnya air terjun. Tak apa karena kami mementingkan safety, dengan berfoto dari kejauhan dengan latar belakang air terjun saja sudah cukup puas. 




Itulah jalan2 kami kali ini kawans, sudah terbayar rasa penasaran kami selama ini, dan sudah terbukti kalau air terjun / curug Cipendok ini memang emejing banged,,,,tingginya yang mana tahan.

Jika kalian ada di luar kota Purwokerto, bisa menggunakan jalur kereta api dan turun di stasiun Purwokerto. Jalan2 sehari di sekitar Ajibarang akan bisa mendapatkan beberapa curug diantaranya Curug Nangga yang eksotik juga, jadi jangan sia2kan waktu kalian ya,,,,,

Sampai jumpa di jalan2 berikutnya dan salam jalan2 yuukkkk,,,!!










2 komentar: